Sabtu, 22 September 2012

SUSHI (JEPANG)

Sushi () , ketika kita mendengar kata ini kita pasti teringat dengan negara jepang. Sushi adalah makanan Jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk (neta) berupa makanan laut, daging, sayuran mentah atau pun sudah dimasak. Nasi sushi mempunyai rasa masam yang lembut karena dibumbui campuran cuka beras, garam, dan gula.Asal-usul kata sushi adalah kata sifat untuk rasa masam yang ditulis dengan huruf kanji sushi (酸し). Pada awalnya, sushi yang ditulis dengan huruf kanji  (鮓) merupakan istilah untuk salah satu jenis pengawetan ikan disebut gyoshō (魚醤) yang membaluri ikan dengan garam dapur, bubuk ragi ( koji) atau ampas sake ( kasu). Istilah sushi berasal dari bentuk tata bahasa kuno yang tidak lagi dipergunakan dalam konteks lain; secara harfiah, "sushi" berarti "itu (berasa) masam", suatu gambaran mengenai proses fermentasi dalam sejarah akar katanya.

Sushi pada umumnya digolongkan berdasarkan bentuk nasi, antara lain nigirizushi, oshizushi, chirashizushi, inarizushi, narezushi, dan makizushi.

Sushi yang kita buat buat kali ini adalah jenis  Makisushi, yaitu isi sushi (neta) dibungkus dengan nasi dan dilapisi oleh Nori (lembaran rumput laut).
Oke persiapan yang dilakukan adalah.
  • Nori (rumput laut), bisa di beli dalam bentuk perbungkus (5 sd 10 Nori) dengan berbagai jenis lebar
  • Sudare (anyaman bambu), yang berguna untuk menggulung sushi.
  • Nasi, sebaiknya menggunakan beras Jepang yang pulen, namun kalau tidak ada bisa menggunakan nasi biasa tetapi sebaiknya ditambah air cuka dan garam agar gurih.
  • Neta (lauk), sebenarnya apa saja sih bisa dimasukkan tergantung selera, tetapi ikan mentah dan segar selalu menjadi neta utama.
  • Wasabi. Ini adalah penyedap khas dari Jepang. Kami memiliki wasabi dalam bentuk tepung, karena lebih awet jika disimpan, dan jika diinginkan, maka tinggal tambahkan air dan cuka untuk mengentalkannya.
  • Murasaki (kecap asin)
Sekarang adalah bagaimana cara membuatnya.
  1. Letakan Nori dengan sisi yang halus didalam diatas Sudare
  2. Lapiskan nori dengan nasi yang sudah kita aduk dengan cuka dan garam. Lapiskan tipis saja.
  3. Letakan Neta diatas nasi.
  4. Gulung dengan hati-hati sambil memadatkannya.
Ada bagian penting dalam proses pembuatan sushi, yaitu pisau yang digunakan untuk memotong gulungan sushi harus sangat tajam dan siapkan segelas air untuk membasahi pisau agar nanti tidak lengket dengan nasi dari sushi.
Saat dihidangkan, buat campuran Murasaki ditambah sedikit bubuk cabe, agar rasanya mantap.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar